• Latest News

    Sabtu, 11 Desember 2010

    Paroki Yesus Gembala Baik Palangka Raya

    Tahun 2003, rencana pemekaran paroki Katedral mulai diwacanakan. Penjajagan, persiapan dilaksanakan dengan membentuk panitia pemekaran paroki. Setelah melewati masa pasang dan surut, akhirnya lahirlah paroki baru pemekaran dari Paroki Katedral “Santa Maria” Palangka Raya pada 15 Agustus 2010. Berdasarkan deklarasi uskup “declaratione parociae novae” tertanggal 15 Agustus 2010, paroki ini dilahirkan dengan nama “PAROKI YESUS GEMBALA BAIK” (Paroki YGB), yang berlokasi di Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Jl. Tjilik Riwut Km. 9 Palangka Raya.
    Pada hari lahir paroki, sekaligus dilantik para pengurus Dewan Paroki Yesus Gembala Baik periode 2010 – 2013. Paroki ini lahir tanpa gedung gereja, tanpa rumah pastoran, tanpa sekretariat, tanpa dana, tanpa sarana dan prasarana pastoral.

    1. Jumlah Umat

    Sesuai dengan lampiran SK uskup nomer SK/USKUP/30.PP/VII/2010, pada saat dilahirkan, paroki ini diserahi umat sejumlah 178 KK dengan rincian jumlah KK di lingkungan pusat paroki tanpa perincian jumlah jiwa di dalamnya.
    Jumlah KK di pusat paroki :
    a. Lingkungan Markus 27 kk
    b. Lingkungan Matius  35 kk
    c. Lingkungan Mikael 35 kk
    d. Lingkungan Gabriel 45 kk
    e. Lingkungan Paulus 36 kk

    2. Luas Wilayah

    Wilayah paroki Yesus Gembala Baik (lampiran SK uskup nomer SK/USKUP/30.PP/VII/2010) meliputi wilayah Kelurahan Bukit Tunggal, berbatasan dengan Paroki Katedral oleh jalan Tingang, yang juga menjadi batas dengan Kelurahan Palangka. Selain itu, lingkungan Paulus yang tidak dibatasi Jl. Tingang, seluruhnya dimasukkan ke Paroki Yesus Gembala Baik.
    Paroki YGB memiliki beberapa Stasi, yang dikelompokkan menjadi tiga blok, yakni:

    1. merangkum umat yang bermukim di kecamatan Kahayan Tengah seperti Bukit Rawi, Petuk Liti, Bukit Liti dan Tahawa, Kabupaten Pulang Pisau
    2. meliputi umat di Tumbang Tarusan, Pandawei, Bawan, Pangi dan Tangkahen, di kecamatan Banama Tingang (Bawan), Kabupaten Pulang Pisau.
    3. meliputi Hanua, Ramang, Lawang Uru, Manen Paduran, Bereng Rambang yang juga termasuk kecamatan Banama Tingang (Bawan), Kabupaten Pulang Pisau.

    Dengan demikian, Paroki YGB berpusat di wilayah Kecamatan Jekan Raya, Kota Madya Palangka Raya, sementara itu, semua stasi terletak di Kabupaten Pulang Pisau, tersebar di dua kecamatan, Kecamatan Kahayan Tengah (Bukit Rawi) dan Kecamatan Banama Tingang (Bawan).

    Batas-batas singgung dengan paroki lain :
    - Barat  : Paroki Kasongan
    - Utara : Paroki Kuala Kurun
    - Timur : Paroki Kapuas
    - Selatan : Paroki Katedral dan Paroki Pulang Pisau

    Meskipun paroki ini belum memiliki gedung gereja, namun stasi-stasi sudah memiliki kapela. Ada 5 kapela :
    1. Kapela St. Petrus – stasi Petuk Liti
    2. Kapela St. Arnoldus Janssen – stasi Hanua-Ramang
    3. Kapela St. Maria – Lawang Uru
    4. Kapela St. Klemens - Pandawei 
    5. Kapela Yohanes Rasul – stasi Tumbang Tarusan

    3. Tenaga Pastoral

    Dalam pelayanan umat baik sakramental maupun nonsakramental, penggembalaan umat di Paroki YGB pada saat kelahirannya dipercayakan kepada 3 tenaga imam tertahbis yakni:

    1. P. Laurensius I Ketut Supriyanto, SVD selaku Pastor Kepala Paroki
    2. P. Frederikus Pareira, wakil ketua umum
    3. P. Dominikus Edi Winarto, wakil ketua umum

    Tenaga pastoral untuk paroki YGB belum memiliki Rumah Tinggal yang disebut sebagai pastoran. Untuk sementara ini, para pelayan pastoral bertempat tinggal di rumah SVD dengan alamat : SOVERDI PALANGKA WACANA, Jl. Tjilik Riwut Km 5,5 Palangka Raya (depan kantor Walikota Palangka Raya), telp. 3281616, kode pos 73112. Rumah Tinggal sementara ini sekaligus difungsikan sebagai Sekretariat Paroki YGB.

    Sebagai tempat merayakan ekaristi rutin, paroki ini juga belum memiliki gedung gereja. Maka tempat perayaan liturgis dipusatkan di Gereja Santo Yosep, jl. Kakatua – Perumnas Palangka Raya, yang nota bene masih berstatus berdiri di wilayah Paroki Katedral – Palangka Raya. Sedangkan untuk perayaan ekaristi harian, paroki ini meminjam kapel rumah retret milik SOVERDI PALANGKA WACANA.

    Selain tenaga tertahbis, paroki ini juga diperkaya dengan hadirnya beberapa rumah biara pria dan wanita. Kehadiran biara-biara ini turut mendukung karya pastoral paroki. biara-biara tersebut :
    1. Suster KSSY
    2. Suster MC
    3. Suster SFD
    4. Suster SND
    5. Suster PI
    6. Biara MSF
    7. Biara SVD

    4. Karya Pastoral

    a. Pastoral Teritorial
    Karya pastoral paroki baru ini masih di lingkup pastoral teritorial, dengan memperhatikan pelayanan sakramen-sakramen dan nonsakramen. Titik perhatian utama pastoral adalah ‘re-evangelisasi’ umat dengan katekisasi di tingkat lingkungan. Kegiatan pastoral rutin yang terjadi adalah :

    1. Pelayanan sakramen Ekaristi rutin; diselenggarakan di gereja Santo Yosep dan kapela SOVERDI PALANGKA WACANA.  
    2. Kunjungan lingkungan diadakan setiap minggu dengan durasi masing-masing lingkungan dikunjungi setiap 5 minggu sekali.
    3. Kunjungan dan misa di stasi-stasi diadakan setiap Sabtu dan Minggu

    b. Pastoral kategorial
    Karya pastoral kategorial belum terbentuk secara matang. Namun beberapa embrio telah disiapkan untuk pelayanan berdasarkan kategori seperti : Legio Maria, Orang Muda Katolik, Bina Iman Anak, Lansia, dan WKRI

    5. Program Yang Telah Dikerjakan

    Banyak hal hendak dikerjakan, namun beberapa bagian penting menjadi perhatian sejak awal berdirinya paroki ini sedang terjadi :

    1. Mendata umat dengan komputerisasi
    2. Re-evangelisasi umat di pusat paroki dan di stasi
    3. Lingkungan di pusat dan biara-biara mengasuh stasi dalam program “orang tua asuh bagi stasi”. 
    Program ini dimaksudkan untuk saling membina diri bagi umat, saling meneguhkan, saling menguatkan baik secara rohani maupun secara materi. DARI umat, OLEH umat, dan UNTUK umat. Dari rapat pleno Dewan Paroki terbentuklah orang tua asuh bagi stasi dengan pembagian:
    a. Lingkungan Matius menjadi orang tua asuh bagi umat di Tumbang Tarusan dan Pangi;
    b. Lingkungan Markus menjadi orang tua asuh bagi umat di Petuk Liti ;
    c. Lingkungan Paulus menjadi orang tua asuh bagi umat di Manen Paduran dan Lawang Uru;
    d. Lingkungan Mikael menjadi orang tua asuh bagi umat di Hanua dan Ramang;
    e. Lingkungan Gabriel menjadi orang tua asuh bagi umat di Pandawei dan Tangkahen.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Paroki Yesus Gembala Baik Palangka Raya Rating: 5 Reviewed By: Fidelis Harefa
    Scroll to Top