Warga Desa Penyang Mencari Keadilan


LAW FIRM KAIROS, Fidelis Harefa dan Bama Adiyanto, Advokat dan Konsultan Hukum dari Kantor Hukum Law Firm Kairos menerima penunjukan pemberian bantuan hukum dari pihak keluarga Hermanus dan Dilik (19/02/2020), yang ditangkap dan ditahan oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah karena diduga melakukan tindak pidana pencurian buah sawit. Penunjukan ini diperkuat oleh surat pernyataan bersedia didampingi yang ditandatangani oleh kedua tersangka saat bertemu dengan Fidelis dan Bama di POLDA Kalteng.

Fidelis menyatakan kesediaan memberikan bantuan hukum terhadap Hermanus dan Dilik karena berdasarkan penuturan keluarga, tindak pidana yang disangkakan kepada dua orang ini, sesungguh dilatarbelakangi oleh adanya sengketa perdata antara PT. HMBP dengan Warga Desa Penyang, Kotawaringin Timur. "Semuanya harus dibuktikan menurut hukum", kata Fidelis kepada perwakilan keluarga tersangka. "Ketidakadilan yang dialami oleh warga Desa Penyang harus diperjuangkan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Warga tidak boleh panik dan jangan sampai terpancing melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan hukum. Penangkapan dan penahanan dua orang tersangka ini adalah pintu masuk bagi warga Desa Penyang dalam memperjuangkan haknya yang selama ini telah dirampas oleh pihak lain", lanjut Fidelis memberikan arahan kepada pihak keluarga tersangka.

Adapun kronologi dari peristiwa yang disangkakan sebagai tindak pidana ini berawal dari sengketa lahan yang dikuasai oleh PT. HMBP. Di atas lahan ini, Warga Desa Penyang telah berjuang untuk mendapatkan haknya sejak tahun 2010 dan belum terjawab hingga saat ini. Berbagai upaya telah dilakukan, namun respon dari PT. HMBP selalu memberikan tanggapan negatif terhadap Warga Desa Penyang. Puncak perjuangan warga Desa Penyang ini berujung pada peristiwa penangkapan dan penahanan dua orang warga Penyang oleh anggota Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah.(lfk)
Label:
Reaksi:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh johnwoodcock. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget