Penyuluhan Hukum

Pelatihan Paralegal: Nemo Dat Quod Non Habet

KAIROS | Media dan Buletin Hukum, Palangka Raya: Paralegal adalah seseorang yang mempunyai keterampilan hukum namun ia bukan seorang Pengacara (yang profesional) dan bekerja di bawah bimbingan seorang Pengacara atau yang dinilai mempunyai kemampuan hukum untuk menggunakan keterampilannya. Dalam rangka itu, paralegal perlu dilatih secara bertahap dengan materi-materi hukum, teknis-teknis hukum sesuai dengan fungsinya sebagai paralegal.

Salah satu bentuk pelatihan paralegal sebagaimana pernah dilaksanakan oleh Kairos bersama JPIC Kalimantan Tengah yang pada intinya membekali para pemuda yang berminat tentang hukum tetapi mereka bukan advokat. Pelatihan paralegal ini dibimbing oleh Fidelis Harefa dan Bama Adiyanto.

“Nemo dat quod non habet, tidak seorang pun mampu memberikan apa yang tidak dia miliki”, kata Fidelis saat mengawali materinya dalam pembekalan hukum.

Maksud dari kalimat di atas adalah bahwa setiap orang hanya bisa memberikan sesuatu dari apa yang dia miliki. Ketika seseorang memiliki pengetahuan tentang hukum, maka seseorang itu akan mampu memberikan bantuan hukum. Bila seseorang tidak memiliki pengetahuan hukum, bagaimana mungkin dia bisa memberikan bantuan hukum kepada orang lain. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin mengabdi masyarakat dalam bidang hukum, sangat perlu belajar hukum dan perlu dilatih.

Pelatihan paralegal tidak cukup sekali saja. Biasanya dilaksanakan secara bertahap dengan materi yang sudah disiapkan dengan baik. Tentu saja akan banyak hal yang berhubungan dengan teknis pelayanan hukum.

Menurut Fidelis, pelatihan paralegal ini merupakan bagian dari penyuluhan hukum yang bertujuan membuat setiap orang melek hukum. Setiap orang sama di hadapan hukum, oleh karena itu, setiap orang berhak dan wajib mengetahui hukum.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

Media dan Buletin Hukum: Berisi Artikel Hukum, Edukasi Hukum Rakyat dan Informasi Hukum.

Jl. Ahmad Yani No. 10 De, Palangka, Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia, 74874

Copyright © 2021 Kairos | Media dan Buletin Hukum. All Right Reserved.

To Top