Penyuluhan Hukum

Penyuluhan Hukum: Hukum Tidak Pernah Menjanjikan “Kebenaran”

KAIROS | Media dan Buletin Hukum, Palangka Raya: Sabtu, 28 November 2020, Fidelis Harefa dan Bama Adiyanto memberi penyuluhan hukum kepada masyarakat di Desa Penyang, Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan ini terlaksana bekerja sama dengan Lembaga Justice, Peace and Integrity of Creation (JPIC) Kalimantan Tengah.

Pada permulaan materinya, Fidelis Harefa menegaskan satu hal: “Hukum tidak pernah menjanjikan kebenaran. Urusan kebenaran adalah urusan pribadi setiap orang dengan Penciptanya, karena itu berhubungan dengan pertanggungjawaban moral. Hukum hanya menjanjikan sebuah kepastian, kemanfaatan dan keadilan. Prinsip ini yang harus diketahui oleh setiap orang yang mau belajar hukum”, ujar Fidelis pada pemaparan materinya.

Dalam kegiatan ini, Bama Adiyanto juga menyampaikan dalam materinya tentang hak dan kewajiban setiap warga negara di dalam hukum. “Prinsip negara hukum adalah bahwa setiap orang mempunyai kedudukan yang sama di mata hukum”, kata Bama saat memaparkan materinya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat memahami hukum. Dengan memahami hukum, masyarakat dapat menggunakan hak dan kewajibannya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini telah memberi manfaat bagi masyarakat Desa Penyang yang ikut penyuluhan.

“Kami berharap, apa yang anda dapatkan dalam kegiatan ini, anda bagikan juga dengan sesama masyarakat lainnya. Setiap satu orang membagikan kepada lima orang. Dengan demikian, semakin banyak orang yang secara bertahap memahami hukum”, tegas Fidelis saat menyampaikan konklusi dari kegiatan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

Media dan Buletin Hukum: Berisi Artikel Hukum, Edukasi Hukum Rakyat dan Informasi Hukum.

Jl. Ahmad Yani No. 10 De, Palangka, Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia, 74874

Copyright © 2021 Kairos | Media dan Buletin Hukum. All Right Reserved.

To Top